Penyebab Utama Ketombe

dandruff-treatmentMuaniz – Pasti sangat memalukan jika ada banyak serpihan putih yang jatuh dari rambut saat sedang beraktivitas. Serpihan putih yang sering disebut ketombe ini sebenarnya adalah kulit kepala yang sudah tua dan mengelupas. Namun, karena berbagai masalah di rambut dan kulit kepala menyebabkan kulit kepala yang seharusnya menghilang secara alami justru menumpuk di kulit kepala.

“Seharusnya proses pergantian kulit kepala ini berganti dalam waktu 28 hari. Namun karena adanya ketidakseimbangan ‘ekosistem’ di kepala maka pergantian kulit kepala ini berlangsung dalam waktu lima hari,” ungkap Lais Koelle, Scientist Head & Shoulders Asia, saat peluncuran Head & Shoulders Men di Hotel Ritz Carlton, Pasific Place, Jakarta Selatan, Rabu (15/5/2013).Sampai saat ini, banyak orang yang berasumsi tentang penyebab terjadinya ketombe, mulai cuaca, jarang mencuci rambut, polusi, salah memilih sampo, dan lain-lain. Namun, Lais mengungkapkan ada beberapa hal utama yang menyebabkan terjadinya ketombe di kulit kepala.

1. Jamur
Jamur yang disebut Malasezia globosa merupakan salah satu penyebab terjadinya ketombe. Sebenarnya jamur ini terdapat di kulit kepala semua orang, baik laki-laki atau perempuan. Biasanya jamur ini berkumpul di bagian folikel (kantung rambut) dan batang rambut. Tak cuma di kulit kepala saja, jamur ini juga terdapat di udara sekitar. Jamur dari udara sekitar ini juga akan menambah jumlah jamur di kulit kepala.

2. Minyak rambut
Minyak rambut merupakan bahan alami yang ada di rambut, dan semua orang pasti memilikinya. Minyak rambut atau sebum ini berfungsi untuk membuat rambut jadi lebih bercahaya. Yang berbahaya adalah jika sebum ini terlalu banyak diproduksi. “Minyak ini merupakan makanan untuk jamur. Sehingga jika minyaknya berlebihan akan membuat jamur berkembang biak makin banyak,” jelasnya. Seperti mahluk hidup lainnya, jamur yang sudah menyantap minyak rambut akan menghasilkan sisa pencernaan berupa asam lemak.

3. Daya tahan kulit kepala
Semua orang memiliki jamur dan minyak rambut di kepala, lalu kenapa ada orang yang berketombe dan ada yang tidak? “Semuanya disebabkan karena setiap orang punya sensitivitas kulit kepala yang berbeda terhadap asam lemak yang dihasilkan jamur,” katanya. Kulit kepala yang sensitif terhadap asam lemak ini akan mengganggu metabolisme dan pertumbuhan sel kulit kepala yang baru.

Pertumbuhan sel kulit kepala yang terhambat ini akan menumpuk di kulit kepala dan menjadi ketombe. Namun, jika sudah berketombe, Anda tidak boleh menggaruknya karena hanya akan membuatnya jadi semakin parah.

CARA KERAMAS

Selain menggunakan sampo antiketombe, agar ketombe lenyap tanpa bekas Anda juga perlu memerhatikan cara mengeramas rambut dengan sampo tersebut. Ikuti petunjuk pada label sampo antiketombe, yakni dengan mengoleskan secara merata sampo ke kulit kepala. Gunakan bantalan jari untuk menggosok, dan gosoklah kulit kepala dengan lembut. Diamkan selama lima menit, lalu bilas.

Jika Anda lebih suka wangi sampo dan kondisioner yang biasa Anda gunakan, Anda bisa menggunakannya setelah menggunakan sampo antiketombe. Seiring dengan berkurangnya ketombe, Anda bisa mengurangi penggunaan sampo antiketombe tersebut.

Luangkan sedikit waktu di bawah sinar matahari untuk mengurangi ketombe. Sinar matahari dapat membantu menekan jamur yang menyebabkan dermatitis seboroik dan ketombe.

Jika ketombe tidak juga hilang setelah beberapa minggu, itu pertanda sudah saatnya bagi Anda untuk memeriksakannya ke dokter.

Jika kulit kepala Anda bengkak atau merah, rambut rontok, atau ada ruam merah bersisik di bagian lain dari tubuh Anda, mintalah resep sampo antiketombe atau produk antijamur yang direkomendasikan dokter. Atau, mintalah krim steroid untuk kulit kepala Anda atau bagian tubuh lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s