Resep Sukses Pacaran Jarak Jauh

Muaniz.co.cc – Pria dan wanita sama-sama memiliki kesulitan ketika harus menjalani perpisahan, khususnya menjalani hubungan jarak jauh. Dibutuhkan komitmen serius untuk memilih menjalani hubungan yang terpisah jarak, waktu, Karir, sekolah, dan keluarga bisa menjadi faktor pemisah antara sepasang kekasih. Namun jangan berpikir bahwa hubungan jarak jauh tak akan pernah berhasil.

Menurut penelitian dari Center for the Study of Long-Distance Relationships, hubungan jarak jauh pasti gagal hanyalah sebuah mitos. Bahkan ditemui di Amerika, lebih dari 700.000 pasangan LDR akhirnya menikah. Semua tergantung kepada bagaimana Anda dan pasangan menyikapi keadaan ini. Tidak ada yang berkata bahwa menjalaninya akan mudah, namun tidak juga mustahil. Kelima tips di bawah ini mungkin bisa membantu.

1. Jelaskan ekspektasi sejak awal
Jangan bertele-tele, rencanakan masa depan sejak dini. Menurut Dr. Greg Guldner, direktur Center for the Study of Long-Distance Relationships, yang membedakan antara pasangan yang berhasil dan tidak berhasil menjalani LDR adalah: peraturan dasar. Dr. Guldner menjelaskan, sekitar 70% pasangan LDR yang tidak mengatur perjanjian sejak mula, rata-rata putus hubungan setelah 6 bulan. Tentunya yang terpenting untuk dilakukan adalah membicarakan peraturan dasar, seperti: apakah hubungan ini eksklusif atau terbuka? Setiap berapa kali sehari memberikan kabar, lewat e-mail, lewat SMS. Kapan jadwal bertemu?

2. Ekspresikan Diri
Pasangan yang tinggal berdekatan saja sering mengalami kesulitan untuk bertemu dan mengekspresikan cinta kasih mereka. Jadi, bayangkan bagaimana sulitnya pasangan LDR untuk bertatap muka apalagi bersentuhan. Dr. Gary Chapman, penulis The Five Love Languages for Singles mengatakan, “Penting untuk mengetahui cara membuat pasangan kita merasa dihargai dan dicintai. Terlebih lewat kata-kata. Misalnya, ‘Jika kamu ada di sisiku saat ini, aku akan memberimu ciuman di keningmu’.” Ia juga menyarankan untuk saling berbagi kisah yang dihadapi sehari-hari kepada pasangan. Ini perlu dilakukan untuk menjaga kedekatan, sehingga ketika Anda dan pasangan bertemu ada hal-hal yang bisa diceritakan dan menghindari keadaan yang membuat Anda merasa seperti orang asing.

C6-09

Tak hanya lewat e-mail, surat konvensional pun sama serunya untuk membuat hubungan Anda terasa lebih personal dengan membaca goresan tangannya. Selipkan potongan surat kabar yang lucu atau puisi karangan Anda yang ditulis di atas daun. Anda bisa lebih kreatif melalui surat konvensional.

3. Nikmati kebebasan Anda
Hidup terlalu berdekatan dengan pasangan pun bisa jadi hal yang menyulitkan untuk masing-masing bisa bertumbuh secara pribadi maupun profesional. Hidup terpisah memang sulit, namun memberikan ruang kita secara pribadi untuk bertumbuh tapi tetap berada dalam sebuah hubungan. Seiring waktu berjalan, Anda akan saling mempelajari sikap dan sifat pasangan, hingga pada akhirnya jika memutuskan untuk hidup bersama, hal ini bukan lagi menjadi sebuah “pengorbanan” namun sebuah kompromi.

4. Buat jadi lebih menyenangkan
Anda bisa membuat keadaan lebih menyenangkan dengan membuat kejutan-kejutan untuk si dia. Bisa dengan memberikan hadiah-hadiah yang dikirimkan sewaktu-waktu. Ini penting untuk membuat ia merasa bahwa Anda memikirkan dia. Namun perlu diingat: beri jarak waktu. Jangan sampai ia merasa Anda membombardirnya. Berikan hadiah-hadiah yang dibuat personal, seperti buku yang sudah lama ingin ia baca, video berisi pesan, cokelat yang Anda buat sendiri, foto Anda berdua, liontin kunci, puisi buatan Anda sendiri, perhiasan bergrafir, bunga berisi pesan, dan lainnya. Semakin personal hadiah yang Anda buat, semakin besar dampak yang akan diterima oleh si dia.

Siapa yang tak suka kejutan manis? Kejutan bisa jadi menyenangkan karena tak disangka-sangka dan melambangkan betapa si pemberi kejutan sangat memperhatikan orang itu. Coba: buat iklan di koran nasional atau koran lokal tempat si dia yang isinya betapa Anda sangat menyayangi dia. Atau buat perjalanan mendadak ke tempatnya. Atau buat video pesan yang menyatakan perasaan Anda dengan cara tersendiri. Atau kirimkan hadiah ke rumahnya saat ia sedang mengunjungi Anda, hingga begitu ia sampai di rumahnya, hadiah tersebut sudah menunggunya. LDR bisa berhasil jika Anda dan pasangan bersedia menyiapkan waktu dan usaha untuk membuatnya berjalan baik.

5. Percayalah
Memang, LDR tidak mudah, namun berlama-lama berpikiran negatif hanya akan menghabiskan energi. Daripada berkeluh-kesah karena tak pernah bertemu, lebih baik membicarakan hal-hal menarik untuk Anda berdua. Semakin Anda bersikap bahagia terhadap hubungan Anda dan dia, kebahagiaan pun akan menghampiri Anda. Dr. Guldner berkata, kegagalan LDR umumnya hanya kesalahpahaman. Pasangan putus hubungan karena banyak hal. Dari 10 tahun riset yang dilakukannya, jarak bukan salah satu alasan utama penyebab retaknya hubungan. Malah jarak justru bisa membuat hati semakin dekat karena saling merindu. Pakar hubungan yang kerap tampil dalam Oprah Winfrey Show, Dr. Phil, mengatakan bahwa jika memang benar-benar mencintai seseorang, Anda akan rela untuk mengarungi segalanya untuk bisa bersama-sama dengannya.

Sumber: www.kompas.com

52 thoughts on “Resep Sukses Pacaran Jarak Jauh

  1. Q termasuk orang yg lagi jalanin hub jarak lauh am cowQ.
    Emg awalnya sulit bgt, tp alhmdulillah kami bs menjalaninya
    Bktinya 3 thn kitra masih bs bertahan. Walau q g bs bhong, putus nyambung sering terjdi diantara kami…….

  2. Gw baru 3 bulan ngalamin PJJ, dan ne unt yg p’tma X. PJJ tu seru, ketemu sbulan sekali, mesra2annya dirapel. Kalo mw ktemuan, preparenya lebay bgt. Bayangn z, dr baju ampe sendal, pokonya seru.

  3. pacaran jarak jauh itu menyenangkan, asalkan bisa saling percaya, menghargai dan meyayangi. soal jarak bukan masalah V yang paling diutamakan adalah komitmen untuk saling menjaga hubungan. que juga salah satu yang jalani pacaran jarak jauh, V Alhamdulillah que bisa bertahan sampai 1 tahun lebih… memank baru sieh V bisa buktiin kan klo pacaran jarak jauh itu normal2 aja…

  4. Hem… Hub jarak jauh t enag Lho.. Qt gk mngumbar cnt.. KL skLi2 ktmu,pSt rSa ny sneng bdg.. Bs pLuk dy sPuasny.. Krn kngen yg dh akut..
    Ak dh hmpR staun Pjj m cow ku.. Ak djmbi,n dy di jogja.. BLm Lg kL dy puLg krumh.. Di bALikpapan.. Wuh.. Tmbh jauh kn? Tp ak pRcya m dy,ak ykin m hub ne. Krn qt pny tjuan yg jLs.. WLpn Lum pRnh ktmu,tp rS syg ini gk bs d.tipu.. Ak bner2 syg & cm ngarepin dy…
    TUhan.. MuLuskn & ridhoi Lh hub ini… Amin…

  5. Q lg jlni hub.LD..
    Tp cygx pcrq ud mlah jnuh+g than m hub.LD qmi yg hmpr 1thn..tlong bri aq solusi d0nk..q bgung bgt ne..

    • mm,, klo long distance seperti kamu, munculny rasa jenuh dan bosan itu biasa.. cobalah kurangi sms/telpon/aktivitas lain yg melibatkan pacarmu seperti balas-membalas pesan FB dll.. buat dia khawatir sama kamu agar perhatiannya sama kamu bertambah besar..

    • klo mnurut gw apa yg dikasih tau manis tuh kurang bnar.
      pmikiran orang tuh bda yah mungkin aja klo cwe si dia anggep yang laen gtu gmn?
      mngkin cwe’a anggep malah si cwo lgi slngkuh ga bles sms ga angkt tpon ga tlpon dia dll..
      mngkin aja kan..
      hehehe

  6. saya baru di tinggal pacar ke prancis 2 minggu yang lalu . setiap hari kepikiran . bagaimana supaya hubungan saya langgeng .
    sedangkan saya dan dia tidak ada ikatan apa-apa selain pacar . dia pulang 2 tahun lagi untuk bekerja dan bertemu keluarganya disana .tolong beri solusi

  7. Saya sudah menjalani hub.dg pacar saya selama 3tahun langgeng2 aj, tpi setelah dia kerja kita jd pacaran jarak jauh, dia mjdi sering bohong n kurang perhatian n jadi merendahkan saya, mencampakkan saya, tolong beri solusi sebaiknya hub, saya harus gimana perlu dipertahankan atau gag?

    • Bicarakan baik2 dlu sm pcrnya,, kalo emang km msih sayang n cinta sm dia coba km pndh ke daerah tempat dy kerja, ato sering-sering lah maen ketempat dy…

      tapi klo emang km udh ngerasa dicampakkan bgt sm dy, daripd km skit hati terus-terusan lebih baik putusa aj, toh dy udh g peduli sm km, berarti dy udh g cinta n sayang sm km… Mgkin dy udh dpt pengganti km disana..

      Sabar aj.. Cwo ga cm dy kok,, msh bnyk yg mw jd pcr km,,ok..

  8. saat ne aq bru mrasakan pisah ama cwoku tp ne smua tuk smua kbaikan dia. aq mank sedih slama 1thn 6bln jarak jauh kami bertahan tp stelah kami dekat slama 5 bulan dia pergi,saat ne saya kembali menjalani hub jarak jauh seperti pertama jadian dganny di dunia maya sampai ketemu yg kedua kalinya. aq gk tau bagaimana cara mpertahankan dan kembali menjalin hubungan ini dgn jarak jauh??? BLS>trim

  9. thx y buat tipz ny
    tp lg bgg nie,
    q jg ud LDRan slm 4bln nie
    tiap hr qt tlp2n,cz dia g mau smsn
    ktny sie mlz ngetik ny
    tp akr2 in dia kyax bsen gt kl ngbrol dtlp m q
    it np sie sbnerny?
    trz crany gmn biar dia g bsen jlani ni smua?
    tlg blz ea. . .
    thx b4

    • mm,, ada kalanya bosen juga kalau selalu menelpon,, karena bingung apa yg mau dikatakan… bisa jg dengan FB, email… ya mungkin bisa kembali ke jaman dulu,, saling berkirim surat….

    • mbak aku sekarang lg ngejalanin LDR, tapi hubungan aku sekarang udah hancur, aku cuma pengen tau aja jawaban dari mbak apa. sekarang aku udah diputusin mbak sama doi, alesan dia si dia mau sendiri dulu buat mikirin kedepannya gmana buat hubungan kita berdua. tapi alesannya kaya gk masuk di akal. di dalem artikel mbak dikatakan “jika memang benar benar mencintai seseoranganda akan rela mengarungi segalanya untuk bisa bersama sama dengannya”aku tuh udah punya keyakinan kayak gitu mbak, aku gk mikirin yang laen, aku rela ngelewatin apa aja asal hubungan aku lancar. aku sangat mencintai dia mbak. tolong mbak apa solusinya ??

  10. saya salah satu korban pacaran jarak jauh,,
    trnyata pacaran jarak jauh emnk terasa lebih nyaman tapi trkadang hati ini resah ,,

    gmana donk solusinya ??

    • mm.. saling percaya adalah salah satu solusi yg tepat…
      saya jg sudah pernah merasakan bagaimana rasanya LDR.. hanya bisa komunikasi sewaktu pulang sekolah.. memanfaatkan waktu untuk berkomunikasi juga baik,, menelpon, sms, dll…

  11. curhat…………!
    saya juga sedang menjalani pacaran jarak jauh! dan hubungan saya ini mungkin dan mungkin tak pernah ketemu lg! tp rasa kgn saya sgt besar sekali kepadanya. apakah bisa hubungan ini terus bertahan?

    • hmm..
      kalo kamu masih sayang sama dy dan percaya sama dy kenapa ga diterusin aja?
      tapi masih sering sms-an?

  12. Duchh q bngung Bget nea, knpa yea q ngrasa cowQ tuch akhir” nea brubah, N q sllu Criga sma dy, kyaq’y dy tuu suka bhong

  13. Mnta solusi dong,
    gw udah 9 bulan LDR ama cewe gw and sblum nya blum prnah ktemu…
    Skrg ni cewe gw lgi ngrasa jnuh krna blum prnah ktmu ama gw…
    Pdahal gw jga udah blng bkalan ksana bulan Desember…
    Oh ya, tiap malem gw jga srng telfonan ama dia…
    Gmana ya cara nya biar dia ga jnuh lgi??

  14. z dgn pcr z trpisah jrak krn tmpt kuliah kta brbda kota,,tp z suka jlni hbgan jrak jauh,,krn bssa lbh fokus k kuliah,,tpi d satu sisi,,z kdang mrasa tkut khlgan dy,,krn bnyak cwo lain yg slalu brusha mndptkn hati’a..z bingung ap yg hruz z prbuat,,??

  15. wow..
    membaca artikel ini membuat saya semakin mampu untuk tetap bertahan kpda kekasihku yg jauh d mata, namun ttap dkat di hati.🙂

  16. saya juga pacaran jarak jauh,,tapi saya yakin ko dengan hubungan saya dengan kekasih saya,,untung’a dari kami sudah ada pembicaran ke arah yang lebih serius yaitu menikah..???jadi saya sangat percaya dan yakin sama dy…!!walaup tidak menutup kemungkinan ada perasaan takut,atau gelisah dan curiga..!!tp insya allah semua akan menjadi indah pada waktu’a nanti.asalkan kita saling percaya,berkomitmen,tidak berpikiran negatif semua pjj akan menjadi indah dan seru.dan akan jadi cerita untuk anak” kita nanti.
    terima kasih.

    bdn.arny rph

  17. gua udah ngejalanin hubungan jarak jauh sama pacar gua selama 5 tahun tapi gua ga pernah ketemu sama dia dan gua juga bingung sama perasaan gua kenapa gua bisa sayang banget sama dia padahal dia selalu janji sama gua kalo dia itu bakal dateng tapi samapi sekarang dia belum dateng juga apa yang harus gua lakuin sekarang gua udah percaya ga percaya sama dia tapi rasa ini belum juga hilang

  18. Q juga sedang LDR ne,, dulunya sih pernah pacaran ama dia 1 thunan lebih,, terus putus mpe 2 thunan,, tapi ne nyambung lagi udah 1 bulan.. yakin aja deh,, soalnya LDR tu seru,, kalo Q sminggu 1 kali harus tlfn, gag perlu tiap hari biar gak kehabisan topik, dan untuk jadwal ketemuan, tiap sebulan sekali Q udah rencanain ama dia..

  19. qMjln Hbgn Jrk Jauh Sdh 7BLN sbnryq dh pgn bgt brtm bln2 bsk py krn k’ada2n jd d’undr lbrn bsk.Kdg gx tao knp slu brntem

  20. Aku ma cwo ku
    jqa t’mzk hubunqan jrak jauh
    aku sdih bqet dy tu tak pena kzh wktu buat aku mec aja qk ap lqi call boro”😥

Leave a Reply

