Takut Keputihan maka Hindari Gula

keputihanMuaniz.co.cc – Mitos makan nanas akan menyebabkan keputihan membuat buah yang tinggi kandungan vitamin C ini dihindari banyak perempuan. Buah lain yang juga disebut-sebut menyebabkan keputihan adalah mentimun dan pisang ambon, padahal mitos tersebut salah besar.

Keputihan, menurut dr Dwiana Ocviyanti, SpOG, sebagian besar disebabkan karena infeksi jamur (candidas), bakteri, dan parasit. “Keluarnya cairan atau lendir dari vagina dianggap tidak normal atau keputihan bila menimbulkan keluhan, seperti gatal dan berbau,” kata dokter Ovi.

Munculnya jamur di organ intim bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya berat badan berlebih, lembab, serta kurang menjaga kebersihan organ reproduksi. “Jamur juga berkaitan erat dengan imunitas. Daya tahan tubuh rendah bisa menyebabkan keluarnya cairan keputihan secara berlebihan,” papar dokter yang menjadi staf pengajar di Departemen Obgin Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Tentu saja keputihan bisa dicegah. Yang terutama adalah menjaga kebersihan pribadi. Membasuh organ intim dengan cara benar, mengganti pakaian dalam minimal dua kali sehari, serta hindari menggunakan panty liner dalam waktu yang lama.

“Makanan yang mengandung gula tinggi juga sebaiknya dihindari karena bisa melemahkan daya tahan tubuh,” ujar Ovi. Pada orang yang gelisah, stres, atau kecapekan, keputihan juga kerap muncul. “Bila daya tahan tubuh rendah, jamur bisa merajalela,” katanya.

Mengenai pengobatannya, Ovi menyarankan agar tidak sembarangan mengobati sendiri. “Bila muncul keputihan, lebih baik periksakan ke dokter sebelum telanjur parah. Apalagi jamur tidak bisa sembuh sendiri, harus diobati,” ujar Ovi.

‘’’Keputihan’’’ atau Fluor Albus merupakan sekresi vaginal abnormal pada wanita. Keputihan yang disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa gatal didalam vagina dan disekitar bibir kemaluan bagian luar. Yang sering menimbulkan keputihan ini antara lain bakteri, virus, jamur atau juga parasit. Infeksi ini dapat menjalar dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing, sehingga menimbulkan rasa pedih saat si penderita buang air kecil.

Gejala keputihan

  • Keluarnya cairan berwarna putih kekuningan atau putih kelabu dari saluran vagina. Cairan ini dapat encer atau kental, dan kadang-kadang berbusa. Mungkin gejala ini merupakan proses normal sebelum atau sesudah haid pada wanita tertentu.
  • Pada penderita tertentu, terdapat rasa gatal yang menyertainya.

Biasanya keputihan yang normal tidak disertai dengan rasa gatal. Keputihan juga dapat dialami oleh wanita yang terlalu lelah atau yang daya tahan tubuhnya lemah. Sebagian besar cairan tersebut berasal dari leher rahim, walaupun ada yang berasal dari vagina yang terinfeksi, atau alat kelamin luar.

  • Pada bayi perempuan yang baru lahir, dalam waktu satu hingga sepuluh hari, dari vaginanya dapat keluar cairan akibat pengaruh hormon yang dihasilkan oleh plasenta atau uri.
  • Gadis muda terkadang juga mengalami keputihan sesaat sebelum masa pubertas, biasanya gejala ini akan hilang dengan sendirinya.

Penyebab keputihan

Dengan memperhatikan cairan yang keluar, terkadang dapat diketahui penyebab keputihan.

  • Infeksi Gonore, misalnya, menghasilkan cairan kental, bernanah dan berwarna kuning kehijauan.
  • Parasit Trichomonas Vaginalis menghasilkan banyak cairan, berupa cairan encer berwarna kuning kelabu.
  • Keputihan yang disertai bau busuk dapat disebabkan oleh kanker.

Penyembuhan

Keputihan dapat diatasi dengan berbagai cara tergantung pada penyebabnya.

Sumber:www.kompas.com

4 thoughts on “Takut Keputihan maka Hindari Gula

  1. makaccccccccccieeeeeeee, yae taz infonya…
    nanya bolehkan…….??????
    klo keputihannya dah sebulan gitu, ngobatinnya gimana yae.?????????

  2. kalau keputihannya tiap hari gmn???
    bahaya banget ga sih keputihan itu????
    kalo pake daun sirih buat pengobatan tradisional bisa ga?

    makasih ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s