Ramalan Dunia Teknologi 2008

Indah.tkJakarta – Dunia teknologi berkembang pesat dari masa ke masa. Tahun 2007 lalu, yang paling melekat di ingatan adalah Apple Corp. yang berhasil menarik banyak perhatian dengan meluncurnya ponsel layar sentuh fenomenalnya, iPhone.

Lalu, apa kira-kira prediksi di dunia teknologi di tahun 2008 ini? Terdapat 9 ramalan yang diperkirakan akan booming dan terjadi di tahun 2008 ini. Pada bagian pertama ini, detikINET akan memaparkan 5 dari total 9 prediksi tentang apa yang akan menjadi ‘hot’ di tahun 2008. Menurut SMH dikutip detikINET, Senin (14/1/2008), prediksi ini merupakan gambaran kasar dari riset bersama berdasarkan tanda-tanda yang sudah ditunjukkan hingga akhir 2007.

1. Gadget akan ramah lingkungan
Konsumen tidak hanya menjadi peduli dengan efek teknologi terhadap lingkungan, namun akan menuntut gadget bawaannya untuk dapat ramah dengan lingkungan.

Gadget ramah lingkungan ini diperkirakan akan mulai bermunculan di pasar tahun 2008 ini.

2. Turunnya popularitas televisi konvensional
Dipacu dengan penetrasi internet yang semakin meluas di perumahan serta meledaknya program televisi internet, acara-acara di televisi konvensional semakin tak dilirik. Demikian juga semakin merosotnya popularitas koran harian.

Pertumbuhan online video dan situs video streaming seperti YouTube yang semakin ‘matang’ juga akan sangat mempengaruhi hal tersebut.

3. Masanya Blu-Ray dan Televisi LCD
Teknologi Blu-Ray yang menawarkan jernihnya gambar yang dihasilkan di layar televisi juga mulai menjadi trend. Teknologi tersebut juga akan dibarengi dengan meningkatnya popularitas televisi LCD serta plasma yang mendukung gambar dengan High Definition agar menikmati film layar lebar dengan HD DVD dapat lebih memuaskan.

Para manufaktur televisi seperti Fujitsu juga sudah mulai menanamkan teknologi terkini dalam televisi tipis berlayar datarnya.

4. Dunia game masuki tahap baru
Dimulai dengan popularitas Wii yang juga disenangi oleh segala usia dan gender, dunia game akan lebih semarak dengan lebih beragamnya gamer.

Diperkirakan, para konsumen juga akan mencari pengalaman baru dalam bermain game serta mencari konten secara online. Dan di tahun 2008 ini, popularitas Second Life juga akan merosot.

5. Pengguna internet tuntut kecepatan lebih
Kebutuhan akan kecepatan internet yang lebih ‘ngebut’ akan mulai meledak di tahun 2008 ini. Dengan berkembangnya situs yang membutuhkan bandwith besar semisal video streaming, kecepatan internet yang dimiliki pengguna saat ini dianggap terlampau lelet. Pengguna internet akan merasa kecepatan internet saat ini tidak cukup untuk memenuhi kebutuhannya ber-internet dan tuntutan bandwith yang lebih besar dari pengguna internet akan mewarnai tahun 2008 ini.

6. Google Android jadi sorotan
Software untuk ponsel besutan Google yang dengan nama Android akan banyak menyita perhatian banyak pihak.

Di tahun 2008 ini, aplikasi yang dihasilkan para pengembang software untuk Android akan bermunculan. Seperti diketahui, untuk mengembangkan aplikasi Android, Google menyediakan budget sebesar US$ 10 juta. Sementara para manufaktur ponsel akan mulai melobby Google untuk dapat menjalankan Android pada perangkatnya.

7. Pemblokiran situs jejaring sosial di perkantoran meningkat
Situs jejaring sosial tempat berinteraksi antar pengguna internet rata-rata di blok oleh perusahaan lantaran menghabiskan banyak bandwith. Sebesar 50% perusahaan diketahui telah melakukan hal ini, dan di 2008 angka tersebut akan naik menjadi sekitar 65%.

Hal tersebut dipicu dengan isu keamanan dari situs jejaring yang ditakutkan dapat mengancam perusahaan.

8. Software online makin nge-trend
Software perkantoran online seperti Google Docs serta Photoshop Express juga mulai dilirik pengguna lantaran gratis dan dapat disimpan lebih aman dalam web. Diperkirakan, software serupa yang dapat diakses secara online dan gratis juga makin berkembang.

9. GPS akan semakin populer
Seiring makin populernya perangkat Global Positioning System (GPS), di tahun 2008 ini perangkat GPS akan dibuat sedemikian rupa agar akselerasi penentuan titik lokasi akan lebih cepat. GPS juga diperkirakan akan tertanam di perangkat kamera digital yang akan merekam titik lokasi saat setiap foto yang terbidik.

sumber: http://www.detikinet.com 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s