Main Game Sebelum Umur 7 Tahun Rusak Otak Anak?

Indah.tkLas Vegas – Anak-anak seharusnya dilarang memainkan game komputer sampai mereka berusia 7 tahun. Pasalnya, game komputer diklaim bisa menyebabkan menurunnya tingkat perhatian anak sehingga nantinya bisa merusak kemampuan belajar mereka.

Fenomena ini dikemukakan Psikolog Pendidikan Jane Healy dalam konferensi para pakar industri teknologi mengenai perkembangan anak dan teknologi. Konferensi ini berlangsung di ajang pameran Consumer Electronic Show (CES) 2008 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Jane mengemukakan, game komputer hanya mengembangkan bagian otak anak yang mengatur naluri ‘berkelahi’ atau ‘melarikan diri’. Karenanya, Jane mengklaim bahwa main game menyebabkan otak anak tak berkembang sebagaimana seharusnya, bahkan mungkin mengakibatkan semacam gangguan perhatian.

Dia menandaskan, seharusnya para orang tua cukup bijaksana dengan tidak membiarkan anak-anak main game sebelum umur 7 tahun. Hal ini agar otak mereka punya cukup waktu untuk berkembang dengan normal.

Namun dalam konferensi yang sama, Alice Cahn dari perusahaan hiburan anak Cartoon Network berpendapat sebaliknya.

sumber: http://www.diktinet.com 

2 thoughts on “Main Game Sebelum Umur 7 Tahun Rusak Otak Anak?

  1. betul sekali, memang game komputer akan merusak otak anak di bawah 7 tahun. Itu kalo yang main anak umur 0-1 tahun, sebab 1 tahun pertama – kata dokter – merupakan masa pertumbuhan otak anak yang sangat pesat. Masalahnya, anak siapa yang mau main game komputer pada usia segitu…?

  2. Benar, namun meskipun jarang ada anak di bawah umur 7 tahun yang suka bermain game komputer, menggunakan komputer pada anak usia dini akan merangsang otak kanan dan kiri mereka untuk lebih bersikap kritis terhadap masalah dan merangsang kreatifitas anak untuk lebih maju..

    Safril.tk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s