Mobil Baru 2008 Didominasi Sedan

Indah.tk – Hadirnya mobil baru selalu dinantikan banyak kalangan. Tak hanya konsumen, ATPM dan pedagang mobil bekas pun menunggu ‘senjata’ apa yang akan digunakan setiap prinsipal untuk menggoda siapa pun yang ingin melenggang di jalan tanpa kepanasan dan kehujanan.

Tahun 2007 merupakan masanya SUV (sport utility vehicle). Sejak awal tahun, ATPM yang notabene merupakan perpanjangan tangan sejumlah prinsipal otomotif global beramai-ramai merilis model baru di segmen kendaraan SUV. Sebut saja misalnya dua saudara kembar Toyota Rush dan Daihatsu Terios, Honda All New CR-V, Chevrolet Captiva, hingga Suzuki Grand Vitara.

Karena lebih dari 90% pasar mobil Indonesia merupakan kendaraan buatan pabrikan Jepang, tentu saja mudah membuat perkiraan mobil yang akan tren di 2008. Bisa ditengok pada gelaran dua tahunan Tokyo Motor Show yang baru saja usai 24-28 Oktober 2007 lalu. Pada event ini, semua model baru maupun mobil konsep dipajang dan diperlihatkan ke seluruh dunia.

Honda memamerkan versi terbaru Jazz yang di negara asalnya disebut Fit. Mobil kompak bermesin 1.500 cc ini, untuk menekan pajak, di Indonesia diposisikan sebagai kendaraan MPV meski mampu menyuguhkan kenyamanan sebuah sedan. Penampilan terbaru dari mobil yang menjadi tulang punggung penjualan PT Honda Prospect Motor ini terlihat lebih gemuk. Ruang kabin dibuat lebih lapang dibandingkan dengan model pertamanya.

Di segmen MPV berasa sedan ini, PT Nissan Mobil Indonesia menghadirkan debutannya Livina. Mobil ini merupakan versi pendek dari pendahulunya yang sukses menggebrak pasar mobil nasional, Grand Livina. Bedanya, jika versi 7 seater-nya dilempar dengan dua pilihan mesin 15.000 cc dan 1.800 cc, model hatchback pertama kali yang dikeluarkan adalah yang 1.5 L. Mobil ini sempat dipamerkan pada The International Indonesia Motor Show, akhir Juli lalu.

Di segmen sedan, Suzuki segera merilis sedan 1.500 cc yang dulunya diisi oleh Baleno. Melalui PT Indomobil Niaga International (IMNI), sedan kecil ini nantinya akan menggunakan platform mesin yang digunakan oleh Suzuki SX4. Model sedan terbaru Suzuki ini nantinya akan bersaing dengan Honda City dan Toyota Vios.

Di segmen sedan kelas menengah, PT Honda Prospect Motor akan memperkenalkan New Accord yang juga telah dipajang di Tokyo Motor Show Oktober lalu. Sementara itu, sedan lain yang akan dilempar ke pasar domestik adalah Toyota New Corolla. Generasi ke-10 model sedan terlaris milik Toyota ini akan bersaing dengan Honda New Civic.

Sebagai pelengkap, segmen SUV yang jaya tahun ini nampaknya tidak akan sepenuhnya mundur dari parade model mobil-mobil baru pada tahun depan. Dari pabrikan mobil Jepang terdapat Nissan New X-trail dan Mitsubishi Pajero. Pabrikan Amerika Serikat, General Motors akan mendatangkan Chevrolet Captiva bermesin diesel untuk memperkuat peran pendahulunya yang telah meluncur di tengah persaingan kendaraan SUV peminum bensin di Tanah Air.

Fungsional

Menjelang tahun 2008, Daihatsu menggebrak pasar dengan memunculkan mobil rakyat yang fungsional, Gran Max. Produk terbaru Daihatsu ini dari 2 model; Minibus dan Pick up. Daihatsu Gran Max merupakan kendaraan unggulan dengan rancangan terbaru untuk memenuhi permintaan pasar akan kendaraan niaga berkapasitas besar, nyaman, aman, efisien, dan berkualitas global.

Dengan harga berkisar antara Rp 67 juta-an hingga Rp 99 juta-an, kendaraan ini ditargetkan akan mencapai tingkat penjualan 2.300 unit/bulan untuk pasar domestik. Daihatsu Gran Max diproduksi di pabrik PT Astra Daihatsu Motor dengan memanfaatkan jalur produksi baru yang juga diresmikan (6/11) di Sunter, Jakarta Utara.

Daihatsu Gran Max memiliki konsep produk High Capacity, High Reliability, dan High Efficiency. Dengan High Capacity, Gran Max dirancang untuk memiliki kapasitas muat yang terbesar di kelasnya. Dengan High reliability, produk ini dirancang untuk mendukung kegiatan bisnis penggunanya dalam segala kondisi.

Gran Max menggunakan mesin-mesin yang telah teruji di dunia otomotif. Daihatsu Gran Max minibus dan pick up memiliki dua pilihan mesin, yaitu 1.300cc DOHC yang sudah digunakan oleh Daihatsu Xenia dan 1.500cc DOHC VVT-i yang juga digunakan oleh Daihatsu Terios. Berdasarkan hasil tes internal, Gran Max dapat digunakan untuk melalui banjir setinggi 60cm. Dan High Efficiency, Gran Max dirancang dengan memperhatikan efisiensi khususnya bahan bakar yang irit dan biaya perawatan yang rendah sehingga secara total akan memberikan penghematan secara finansial dalam bisnis penggunanya.

Penggunaan nama Gran Max berasal dari kata dalam bahasa Inggris yaitu “Grand” dan “Maximum” yang artinya mobil dengan kapasitas besar untuk mendapatkan keutungan dan manfaat yang maksimal pada penggunanya. Sebagai mobil dengan kapasitas muat besar, minibus dapat memuat penumpang hingga 9-11 orang dan pikap dapat mengangkut muatan hingga seberat 1,1 ton.

Daihatsu Gran Max minibus terdiri dari 4 varian, yaitu tipe D 1.5 (deluxe), tipe D 1.3 (deluxe), tipe F 1.5 (standar), dan tipe F 1.3 (standar). Untuk Grand Max pick up juga terdiri dari 4 varian, yaitu tipe 1.3 Standard, 1.3 3-Way, 1.5 Standard, dan 1.5 3-Way., Juga disediakan tipe Blind Van dan tipe Box. Selain itu disediakan juga paket aksesori, baik untuk minibus maupun pick up, yaitu paket Extra dan Super untuk pick up, sedangkan untuk minibus tersedia paket trend dan paket optima.

Gran Max minibus memiliki 4 pilihan warna, yaitu Sand Gold Metallic, Sonic Blue Metallic, Ultra Black, dan Classic Silver Metallic. Untuk pickup dan box ditawarkan 3 warna, yaitu Sonic Blue Metallic, Super White, dan Ultra Black. Sedangkan untuk blind van hanya disediakan warna Super White.

Sumber: http://www.kapanlagi.com/

One thought on “Mobil Baru 2008 Didominasi Sedan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s