Berendam Air Belerang Tak Sembuhkan Diabetes

Indah.tk – Pengobatan dengan meminum beragam obat tradisional dan menggunakan berbagai metode non konvensional lainnya tidak menjamin bahwa semua hal tersebut dapat menyembuhkan penyakit Diabetes Mellitus (DM).”Hingga sekarang masih belum terbukti secara medis dari berbagai penelitian bahwa terdapat sejumlah obat tradisional seperti jamu-jamuan tertentu yang dapat menyembuhkan penyakit diabetes,” kata Dr Salim Lim, SpPD, dalam diskusi tentang Diabetes Mellitus di Jakarta, Rabu (02/01/08).

Salim menuturkan, kekurangan dalam berbagai obat tradisional adalah kerap tidak mencantumkan efek samping yang dialami orang yang meminum obat tertentu.

Selain itu, ujar dia, berbagai metode nonkonvensional seperti berendam di air belerang juga tidak akan menyebabkan orang sembuh dari DM.

“Berendam di air belerang tersebut mungkin dapat mengobati luka di tubuh seseorang yang sukar sembuh karena mengidap diabetes, tetapi tidak menyembuhkan diabetes orang tersebut,” kata Salim.

Ia memaparkan, bila seseorang divonis menderita DM, maka pertama kali gaya hidupnya akan dicoba untuk dimodifikasi antara lain dengan mengatur pola makannya dengan diet (misalnya mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat) dan memperbanyak aktivitas fisik seperti olahraga.

Salim yang berpraktik di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading itu mengemukakan, pentingnya aktivitas fisik tersebut karena umumnya orang yang menderita DM adalah mereka yang kelebihan berat badan.

“Berdasarkan metode BMI (Indeks Berat Badan), maka berat badan yang ideal bagi lelaki adalah tinggi badannya dalam sentimeter dikurangi 100, sedangkan yang perempuan adalah sama, tetapi dikurangi lagi dengan sepersepuluh dari hasil pengurangan sebelumnya,” katanya.

Bagi penderita DM yang sudah parah, maka pengobatannya bisa berkisar antara pemberian obat antidiabetik hingga pemberian injeksi insulin ke dalam tubuh.

Salim juga menjelaskan, terdapat dua tipe pemeriksaan gula darah, yaitu pemeriksaan dengan puasa sebelumnya, dan pemeriksaan sewaktu atau tidak puasa sebelumnya.

“Orang dapat dikatakan terkena penyakit diabetes bila hasil pemeriksaan kadar gula darah dengan puasa menunjukkan angka di atas 126, dan yang sewaktu tidak puasa menunjukkan angka di atas 200. Itu berdasarkan ketetapan American Diabetic Association,” katanya.

 sumber: http://www.kapanlagi.com

One thought on “Berendam Air Belerang Tak Sembuhkan Diabetes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s